Wujudkan Lansia Tangguh, Pemkot Mojokerto Gelar Gebyar Lansia Sambut HKSN 2023 - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Wujudkan Lansia Tangguh, Pemkot Mojokerto Gelar Gebyar Lansia Sambut HKSN 2023


Mojokerto-(satujurnal.com)

Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Mojokerto menggelar kegiatan bertajuk 'Gebyar Lansia Kota Mojokerto' menyambut Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional 2023 di GOR dan Seni Mojopahit, jalan Gajahmada Kota Mojokerto, Jum'at (15/12/2023).


Kegiatan yang mengangkat tema  “Lansia Terawat, Kota Mojokerto Bermartabat” ini dihadiri Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk Dan KB, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata, camat dan lurah se Kota Mojokerto, diikuti 300 lansia yang berasal dari perwakilan pengurus Karang Werdha Kelurahan se Kota mojokerto, Pengurus PWRI Kota Mojokerto dan Pengurus LVRI Kota Mojokerto.


Berbagai kegiatan terangkai dalam Gebyar Lansia Kota Mojokerto tahun ini, antara lain Senam Sehat bersama lansia Kota Mojokerto, Lomba Cipta Senam Sehat Lansia, Lomba Cipta Jajanan Sehat Lansia, Aneka Bazar Produk Karang Werdha Kelurahan serta terdapat pemeriksaan kesehatan bekerja sama dengan Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana Kota Mojokerto.

"Melalui momentum Gebyar Lansia Kota Mojokerto tahun 2023 ini, saya mengapresiasi setinggi-tingginya kepada lansia yang terus produktif di masa tuanya. Terbukti pada pagi ini bapak dan ibu sekalian sangat bersemangat untuk hadir mengikuti senam sehat bersama dan berbagai lomba lansia di GOR dan Seni Mojopahit Kota Mojokerto," kata Kepala Dinas P3A Kota Mojokerto, Choirul Anwar mengawali sambutannya. 

Kegiatan Gebyar Lansia Kota Mojokerto Tahun 2023 ini , ujar Anwar, juga bagian dari upaya  membangkitkan kembali semangat lansia di Kota Mojokerto dengan memberikan dukungan penuh kepada lansia agar terus aktif dan berdaya, untuk mewujudkan lansia yang mandiri, sehat dan sejahtera. 

Lanjut usia, ujar Anwar,  merupakan tahap akhir perkembangan pada siklus kehidupan manusia dan ditandai oleh gagalnya seorang untuk mempertahankan keseimbangan kesehatan dan kondisi fisiologisnya.

 "Lansia juga berkaitan dengan penurunan daya kemampuan untuk hidup dan kepekaan secara individual," imbuhnya.

Menurut Undang-Undang 13 tahun 1998 tentang Kesejahteraan Lanjut Usia, katanya lebih lanjut, mengamanatkan bahwa program atau kegiatan pembangunan kesejahteraan sosial harus berorientasi pada peningkatan kesejahteraan sosial lanjut usia, karena lanjut usia memiliki pengalaman, keahlian dan kearifan untuk berperan dalam pembangunan nasional.

Dan berdasarkan Peraturan Presiden No. 88 tahun 2022 tentang Strategi Nasional Kelanjutusiaan, dimana pemerintah memberikan perhatian khusus kepada lanjut usia. 

"Mandat Perpres tersebut ditujukan kepada seluruh lembaga untuk mewujudkan lanjut usia sejahtera,  mandiri dan bermartabat," cetusnya.

Melalui tema yang diusung, diharapkan mampu mewujudkan lansia yang semangat dan berdaya melalui berbagai kegiatan sehingga dapat membantu meningkatkan kesehatannya secara fisik dan mental.

"Berbagai upaya dilakukan Pemkot Mojokerto untuk memastikan kualitas hidup lansia semakin meningkat. Karena dengan lansia yang kualitas hidupnya terjaga dan tetap produktif akan menjadi aset penting bagi negara," kata Anwar.

Salah satu program peningkatan kualitas hidup lansia , sambung Anwar, 

melalui pemberian perlindungan dan jaminan sosial bagi lansia di Kota Mojokerto. Antara lain adanya rumah peduli lansia 'Tribuana Tungga Dewi' di lingkungan Balongrawe Baru, yang saat ini merawat 19 lansia terlantar yang tidak memiliki keluarga sama sekali. Bantuan Sosial bagi 1.025 orang lansia kurang mampu yang mendapat bantuan senilai Rp 500 ribu dan telah tersalurkan pada bulan April 2023, serta bantuan sosial alat bantu mobilitas bagi lansia yang mengalami disfungsi fisik.

"Pemerintah Kota Mojokerto berharap adanya peningkatan kualitas hidup lansia melalui berbagai program yang ramah lansia, memberikan perlindungan dan jaminan sosial bagi lansia di Kota Mojokerto," tukasnya. 

Namun, kata Anwar lebih jauh, program Pemerintah Kota Mojokerto tidak akan berjalan baik tanpa adanya dukungan dari masyarakat.  

"Dengan memberikan dukungan suasana dan akses prasarana publik yang memihak kepada para lansia dapat hidup bahagia di masa tuanya," ujarnya. 

 "Saya berterima kasih sebesar-besarnya kepada bapak dan Ibu sekalian, karena telah menjadi masyarakat lansia Kota Mojokerto yang sehat, produktif dan bahagia," tutup Anwar.

Sebagai informasi, Gebyar Lansia yang merupakan salah satu dari berbagai kegiatan menyambut Hari Kesejahteraan Sosial Nasional (,HKSN) 2023. Antara lain kerja bhakti membersihkan makam mr. X sekaligus membersihkan saluran air di area makam yang yang berada di belakang TMP Gajahmada. Santunan yatim, bersih-bersih rumah lansia, pemberian bantuan makanan untuk 400 kaum dhuafah, donor darah bekerjasama dengan PMI Kota Mojokerto yang melibatkan 100 orang pendonor serta bantuan modal bagi penjual nasi. (one)


Berikut hasil lomba Gebyar Lansia Kota Mojokerto 2023 : 

A. Lomba Cipta Jajanan Sehat Lansia

Juara 1 : Karang Werdha Meri (Trophy dan Hadiah Uang Rp. 2.000.000)

Juara 2 : Karang Werdha Mentikan (Trophy dan Hadiah Uang Rp. 1.500.000)

Juara 3 : Karang Werdha Pulorejo (Trophy dan Hadiah Uang Rp. 1.000.000)

B. Lomba Cipta Senam Sehat Lansia

Juara 1 : Karang Werdha Wates (Trophy dan Hadiah Uang Rp. 2.000.000)

Juara 2 : Karang Werdha Kauman (Trophy dan Hadiah Uang Rp. 1.500.000)

Juara 3 : Karang Werdha Mentikan (Trophy dan Hadiah Uang Rp. 1.000.000)

C. Juara Yel-Yel Terbaik : Karang Werdha Meri (Trophy dan Hadiah Uang Rp. 1.000.000)

D. Juara Kostum Terbaik : Karang Werdha Kranggan (Trophy dan Hadiah Uang Rp. 1.000.000)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional