Lokasi CFD Bergeser ke Alun-alun Wiraraja, Inisiatif Pj Wali Kota Dukung Gaya Hidup Sehat - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Lokasi CFD Bergeser ke Alun-alun Wiraraja, Inisiatif Pj Wali Kota Dukung Gaya Hidup Sehat


Mojokerto-(satujurnal.com)

Pemerintah Kota Mojokerto membuat pergeseran signifikan dengan memindahkan lokasi Car Free Day (CFD) dari kawasan Benteng Pancasila (Benpas) ke Alun-alun Wiraraja.


Keputusan menggeser lokasi CFD diambil dengan pertimbangan matang.  Alun-alun Wiraraja dipilih sebagai alternatif yang lebih representatif karena dianggap sebagai "paru-paru kota," menawarkan ruang terbuka hijau dan lingkungan yang lebih nyaman untuk kegiatan fisik dan rekreasi masyarakat. Sedangkan kawasan Benpas dinilai memiliki keterbatasan sebagai kawasan perdagangan yang aktif. 

Selama berlangsungnya CFD, diberlakukan pembatasan kendaraan bermotor, terutama roda empat, di sekitar area Alun-alun. Mulai dari Pos Sabhara hingga Simpang PMI, kendaraan bermotor tidak diperbolehkan melintas.

“Alun-alun Wiraraja kita tetapkan sebagai lokasi CFD karena menjadi salah satu spot yang ramai dikunjungi masyarakat untuk berolahraga pagi di hari Minggu. Nah ini hal baik yang harus kita dukung. Karenanya agar masyarakat bisa beraktivitas lebih aman dan nyaman, kita berlakukan pembatasan kendaraan bermotor mulai pukul 05.30 hingga pukul 10.00 pagi,” ujar Ali Kuncoro, Minggu (7/1/2024) pagi.

Selain dapat beraktivitas tanpa khawatir bahaya kendaraan yang sedang melintas, masyarakat juga semakin nyaman  karena kualitas udara di area sekitar menjadi lebih bersih, bebas dari polusi asap kendaraan bermotor. 

Mas Pj Wali, sapaan karib Pj Wali Kota Ali Kuncoro berharap CFD ini tidak hanya menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, tetapi juga memperkuat rasa kebersamaan dan kepedulian terhadap kesehatan masyarakat. Inisiatif ini diharapkan menjadi langkah awal dalam membentuk kebiasaan positif dan meningkatkan kualitas hidup warga Mojokerto.

“Pembangunan infrastruktur tidak hanya menyasar peningkatan perekonomian, tapi juga derajat kesehatan masyarakat. Termasuk Alun-alun yang belum lama selesai direvitalisasi ini. Karena kita tau, kesehatan ini juga modal dasar untuk kita bisa semakin produktif” imbuh sosok yang akrab disapa Mas Pj Wali ini.

Bukan lagi hal asing, Alun-alun Wiraraja belakangan makin ramai dikunjungi masyarakat di akhir pekan, terutama Minggu pagi. Mereka berasal dari berbagai kalangan lintas usia, mulai dari anak kecil, muda-mudi hingga lansia. Mereka bersemangat menikmati akhir pekan dengan berolahraga ataupun sekadar bersantai.

Selain dapat beraktivitas tanpa khawatir bahaya kendaraan yang sedang melintas, masyarakat juga semakin nyaman karena kualitas udara di area sekitar menjadi lebih bersih, bebas dari polusi asap kendaraan bermotor. 

Selain berolahraga dan menikmati jajanan, pengunjung juga bisa menikmati fasilitas perpustakaan yang ada di Alun-alun sisi Barat. Pengunjung bisa membaca beragam jenis genre buku sembari menikmati suasana rindangnya pepohonan.

Salah satu runner, Mayang mengaku rutin mengunjungi Alun-alun di akhir pekan untuk berolahraga lari. Ia juga mengapresiasi Pemkot yang telah menyediakan menyediakan fasilitas representatif untuk hobinya ini.

“Dulu di Benteng Pancasila, sekarang pindah sini. Lebih nyaman. Karena kendaraan yang masuk benar-benar dibatasi dan PKL juga ada area sendiri, jadi nggak ganggu,” akunya.(er/inf*)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional