10 Ribu Santripreneur Ikuti Senam Massal - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

10 Ribu Santripreneur Ikuti Senam Massal

Jombang(satujurnal.com)
Sekitar 10 ribu santri dengan berkopyah dan berjilbab bersemangat mengikuti senam massal helatan Himpunan Pengusaha Santri Indonesia (HIPSI) dan Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif Kabupaten Jombang di Alun-alun. Minggu  (24/02/2013) dini hari.

Senam santri ini semakin meriah dengan datangnya sejumlah artis Ibukota. Diantaranya, Aldi Taher, Peppy Empat Mata, serta Boy Band Dul Joni. Dan sebagai pemandu senam, tiga orang personel Boy Band naik di atas panggung.  Tiga pemuda tersebut langsung berlenggak-lenggok dengan gerakan senam. Ribuan santri yang berada di Alun-alun mengikuti gerakan itu. Mereka berjajar di depan sebuah panggung besar.

"Santri juga harus sehat setuju, ayo kita mulai bersenam," teriak pembawa acara dari atas panggung.

M Ghozali, Ketua Umum HIPSI, mengatakan, senam santripreuner di Jombang dalam rangka mengajak santri hidup sehat dengan berolahraga.

“Seorang santri harus sehat disamping pintar mengaji dan juga memiliki jiwa wirausaha,”ujarnya ditemui disela sela senam yang digelar di Alun-alun Jombang.

Untuk menumbuh kembangkan jiwa wirausaha inilah, HIPSI, lanjut Ghozali mengenalkan jiwa kewirausahaan dengan harapan dari pesantren bisa tumbuh pengusaha yang berasal dari kalangan santri.

“Ini salah satu upaya HIPSI dalam rangka menguatkan jiwa enterpraner di kalangan santri. Kami ingin mencetak 1 juta pengusaha santri dalam 10 tahun kedepan ," katanya.

Dikatakannya, kegiatan senam santripreuner di kota santri Jombang ini merupakan kali kedua. Sebelumnya, acara serupa juga digelar di Pasuruan.
“Alhamdulillah  animo para santri di Kabupaten Jombang cukup tinggi,” tukasnya.

Ketua LP Maarif Jombang, M Salmanudin Yazid mengatakan, senam missal tersebut diikuti lebih dari 10 ribu santri. Mereka berasal dari lembaga pendidikan dan pesantren yang berada dalam naungan LP Maarif.

”Setiap kecamatan ikut mengirimkan santrinya kesini, alhamdulillah ini sangat banyak pesertanya, “ujarnya.

Gus Salman yang juga pengasuh Ponpes Babussalam Kalibening, Mojoagung menambahkan, senam santripreuner ini adalah gerakan awal untuk menunjukkan para santri memiliki kecakapan, kecerdasan, serta berjiwa mandiri.

"Dengan begitu, akan tercipta generasi santri yang sehat, tangguh, serta mandiri dalam bidang perekonomian,” katanya.(rg)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional