Headlines :
Home » » Sosok Perempuan Inspiratif : Demi Pendidikan Anak, 25 Tahun Bergelut dengan Tanah Liat

Sosok Perempuan Inspiratif : Demi Pendidikan Anak, 25 Tahun Bergelut dengan Tanah Liat

Written By Satu Jurnal on Minggu, 21 Desember 2014 | 17.00

Jombang-(satujurnal.com)
Mardiah, seorang perempuan perajin genteng di Desa Gedangan, Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang cerminan perempuan tangguh yang pantang lelah demi kelangsungan hidup keluarganya.

Tanpa jedah, setiap hari selama dua puluh lima tahun, ia bergelut dengan tanah liat bahan baku genteng. Tak tampak raut lelah diwajah ibu perajin genteng berusia 55 tahun ini. Justru semangat untuk terus bekerja demi kelangsungan pendidikan anaknya yang terus ia pompa.

Bersama beberapa orang kerabatnya, si ibu perkasa ini tak kenal lelah mencetak genteng dengan alat konvensional. Sekilas, mungkin mencetak genteng itu pekerjaan ringan. Tapi, menjadi pekerjaan berat tatkala harus mencangkul tanah liat , mencetak genteng, menyaput agar permukaan lebih halus, memindahkan genteng cetakan di tempat jemuran genteng. Ibu Mardiah butuh tenaga ekstra untuk pekerjaan yang lebih tepat dilakukan kaum pria ini.

Meski jauh dari berharap kelak Lailatul Fitriyah, anak perempuannya mengikuti jejaknya sebagai perajin genteng, namun ia mengajak buah hatinya itu untuk membantu bekerja, sekedar menata genteng yang sudah kering.

Sifat ikhlas tanpa kenal lelah rupanya tercermin dari wajah sang anak. Setiap hari, sebelum berangkat sekolah, Lailatu Fitriyah yang bercita-cita menjadi sarjana ini terlebih dahulu melakukan ‘tugas’ keluarga, menata genteng. Pun sepulang sekolah, ia bersentuhan lagi dengan genteng. Ia mengaku beruntung dan bangga ibu tangguh dan perkasa yang menjadi garda depan keluarga.

Meski hidup sederhana dari hasil jeri payah membuat genteng dengan tangan-tangan yang mulai renta, Mardiah tetap bisa menyambung hidup. Semangat ibu yang pantang menyerah benar-benar diterapkan Mardiah dalam kehidupannya, dan tentu saja menjadi inspirasi bagi kita semua. (rg)


Share this article :

0 komentar:

Berikan komentar posistif Anda.

Mohon jangan melakukan SPAM !

 
Copyright © 2012 SatuJurnal.com - All Rights Reserved