Headlines :
Home » » Tungku Pabrik Baja Meledak, 9 Korban Luka Bakar Serius

Tungku Pabrik Baja Meledak, 9 Korban Luka Bakar Serius

Written By Satu Jurnal on Jumat, 10 Juli 2015 | 19.52


Mojokerto-(satujurnal.com)
Sembilan pekerja pabrik peleburan baja, PT Jaya Mestika Indonesia di Desa Tumapel, Kecamatan Dlanggu, Kabupaten Mojokerto menderita luka bakar serius akibat meledaknya tungku peleburan, Jum'at (10/07/2015).

Tiga dari Sembilan korban merupakan karyawan perempuan. Sedang dua dari Sembilan korban terpaksa dilarikan ke RSU Dr Soetomo Surabaya karena mengalami luka bakar hingga 50 persen. Sementara ketujuh korban lainnya yang menderita luka bakar dibawah 50 persen dirawat ke RS Sidowaras, Bangsal, Kabupaten Mojokerto.

Kapolres Mojokerto, AKBP Budi Herdi Susianto mengatakan, insiden yang juga berakibat rusaknya sejumlah rumah warga yang berada di belakang lokasi pabrik karena satu dari tiga tungku berkapasitas 1.500 derajat celcius meledak.

“Satu dari tiga tungku pembakar meledak. Korbannya, Sembilan orang karyawan pabrik yang saat ini menjalani perawatan di RSU Dr Soetomo Surabaya dan RS Sidowaras,” terangnya.

Menurutnya, rata-rata korban mengalami luka bakar di bagian punggung, tangan, kaki serta mata mereka.
Pihaknya pun bakal mengecek kondisi korban ke rumah sakit dan memintakan visum, bagian mana saja korban yang mengalami luka.

"Sekarang sudah kita buatkan surat visum untuk menentukan penyebab luka-lukanya maupun sakitnya tersebut,'' tambah dia.

Soal penyebab ledakan tungku, Kapolres menyebut jika anggotanya kini masih melakukan penyelidikan.

“Dari keterangan sejumlah keterangan saksi, kemungkinan ada barang yang tidak semestinya berada di dalam tungku sehingga menyebabkan ledakan. Mekanismenya barang-barang dimasukan dalam tungku peleburan hingga berbentuk cairan dan dipadatkan untuk dibentuk,” ujarnya.

Namun, lanjutnya, dalam proses peleburan, ada kaleng yang masuk ke dalam tungku peleburan hingga menyebabkan ledakan. Biasanya ada ledakan tapi dalam skala kecil,” tukasnya.

Pihaknya masih melakukan penyelidikan dan penyidikan untuk mengetahui ada tidaknya unsur kelalaian dalam kecelakaan kerja.

Peristiwa yang terjadi sekitar pukul 12:30 WIB tersebut juga memporakporandakan pagar pembatas pabrik. Bahkan kuatnya ledakan menyebabkan lempengan besi penutup tungku terbang ke area persawahan penduduk. Saat terjadi ledakan, semua karyawan tengah melakukan aktivitas.

Sedikitnya, tiga unit mobil pemadam kebakaran diturunkan ke lokasi kejadian untuk menjinakkan si jago merah.
Ledakan yang terjadi di siang bolong ini bukan kali pertama. Sekitar pertengahan tahun 2014 silam juga terjadi ledakan tungku peleburan. Satu karyawan warga negara Korea Selatan meninggal dalam insiden tersebut.
Beberapa bulan berselang, di lokasi yang sama juga terjadi ledakan hingga mengakibatkan kebakaran pabrik. (wie)


Share this article :

0 komentar:

Berikan komentar posistif Anda.

Mohon jangan melakukan SPAM !

 
Copyright © 2012 SatuJurnal.com - All Rights Reserved