Headlines :
Home » , » Siswa SMAN 2 Jombang Seriusi Musik Keroncong

Siswa SMAN 2 Jombang Seriusi Musik Keroncong

Written By Satu Jurnal on Senin, 02 November 2015 | 18.12


Jombang-(satujurnal.com)
Musik keroncong yang biasanya dimainkan dan dinikmati kalangan tua, rupanya juga dimainkan belasan siswa SMAN 2 Jombang. Para siswa di sekolah ini bahkan membentuk grup musik yang sudah dikenal di Indonesia sejak abad 16 itu.

Musik yang mengalami masa keemasan sekitar tahun 1960-an ini dan meredup akibat masuknya gelombang musik popular, seperti music rock  ini dalam sentuhan siswa sekolah negeri di Jombang ini menjadi musik yang benar-benar disukai, kendati tingkat kesulitan menyanyikan lagu-lagu keroncong terbilang tinggi.

Hampir setiap hari, para siswa yang memilih musik keroncong sebagai pelajaran ekstrakulikuler di sekolah ini rajin berlatih.

Mereka yang kini mengaku menyukai musik keroncong mengaku, semula genre musik ini asing di telinga mereka. Musik rock atau music pop lebih akrab di telinga mereka.

Namun, begitu mereka tahu lebih banyak tentang musik keroncong, mereka mengaku jatuh hati. Bahkan mereka sangat mencintai dan menikmati alunan musik kroncong. 

Selain itu menurut mereka musik keroncong bisa untuk mengendalikan emosi.

Haikal dan Narindra misalnya, dua siswa ini sebelum mendendangkan lagu kroncong menyukai musik keras, seperti musik rock dan pop rock. 

“Tapi setelah setengah tahun belajar musik keroncong besama teman-teman, terus terang saya kami menyukai musik ini (keroncong), meski pun harus diakui sangat sulit untuk dilantunkan,” kata Haikal, Senin (02/11/2015).
Musik keroncong, menurut keduanya, lebih luwes, bisa untuk mengendalikan diri, melatih kesabaran dan ketekunan. (rg) 
Share this article :

0 komentar:

Berikan komentar posistif Anda.

Mohon jangan melakukan SPAM !

 
Copyright © 2012 SatuJurnal.com - All Rights Reserved