GRATIS langganan via e-mail

Bareng Ratusan Warga, Walikota Lihat Gerhana Matahari di Alun-alun

Mojokerto-(satujurnal.com)
Walikota Mojokerto, Mas’ud Yunus mengajak masyarakat mensikapi gerhana matahari sebagai fenomena alam bagian dari kebesaran Tuhan yang harus dijadikan motivasi untuk lebih mendekatkan diri kepada Sang Pencipta.

“Gerhana matahari merupakan peristiwa langkah yang terjadi setelah peristiwa serupa 33 tahun lalu. Ini bagian dari keagungan dan kebesaran Tuhan yang harus kia resapi dan perhatikan. Kita harus menghilangkan mitos-mitos yang kadang-kadang bisa menyesatkan keyakinan kita,” kata Mas’ud Yunus sesaat setelah melihat dan mengamati gerhana matahari di Alun-alun Kota Mojokerto bersama ratusan warga, seusai shalat gerhana di Masjid Agung Al-Fattah, Rabu (9/3/2016) pagi sekira pukul 7:30 WIB.

Karena, lanjut biorkrat ulama tersebut, peristiwa gerhana matahari merupakan peristiwa alamiah dan ilmiah yang menunjukkan kebesaran Allah yg patut diperhatikan untuk mendekatkan diri kepada Allah.

“Dengan mempehatian fenomena alamiah dan ilmiah ini, maka akidah kita akan lurus, dan kita daya nalar dan daya keilmuan kita akan semakin meningkat,” katanya.

Sementara itu, sejak pagi hari Alun-alun Kota Mojokerto dipenuhi ratusan warga yang ingin melihat peristiwa gerhana matahari. Meski Kota Mojokerto bukan wilayah yang tertimpa gerhana matahari secara total, sehingga tidak terjadi kegelapan seperti halnya yang terjadi di tahun 1983 silam, namun fenomena alam ini rupanya menarik perhatian banyak warga untuk melihat pergerakan gerhana matahari dari awal, puncak hingga akhir, mulai pukul 06:21 WIB.


Selain komunitas pecinta astronomi, Mojopahit Astronomi Club menyediakan satu alat teleskop yang bisa dimanfaatkan warga, beberapa warga membawa kacamata khusus sebagai mediasi sederhana agar aman dalam melihat kejadian gerhana tersebut. (one)
Labels: pemkot mojokerto

Thanks for reading Bareng Ratusan Warga, Walikota Lihat Gerhana Matahari di Alun-alun. Please share...!

0 Comment for "Bareng Ratusan Warga, Walikota Lihat Gerhana Matahari di Alun-alun"

Weather, 17 October
Surabaya Weather booked.net
+29

High: +30° Low: +27°

Humidity: 100%

Wind: S - 6 KPH

Jakarta Weather
+32

High: +32° Low: +28°

Humidity: 95%

Wind: E - 3 KPH

Mojokerto Weather
+28

High: +28° Low: +27°

Humidity: 66%

Wind: E - 12 KPH

Denpasar (Bali) Weather
+30

High: +31° Low: +23°

Humidity: 90%

Wind: S - 4 KPH

Yogyakarta Weather
+26

High: +26° Low: +23°

Humidity: 92%

Wind: S - 9 KPH

Back To Top