Headlines :
Home » » Ini Kriteria Calon Sekda Kota Mojokerto Versi Dewan

Ini Kriteria Calon Sekda Kota Mojokerto Versi Dewan

Written By Satu Jurnal on Selasa, 30 Mei 2017 | 19.05

Ketua DPRD Kota Mojokerto, Purnomo
Mojokerto-(satujurnal.com)
Kalangan legislatif Kota Mojokerto melekatkan sejumlah kriteria untuk sekretaris daerah (sekda) pengganti Mas Agoes Nirbito Moenasih Wasono yang akan pensiun 9 September 2017 mendatang.

Selain harus memenuhi syarat kompetensi jabatan dan persyaratan umum yang diatur dalam UU Aparatur Sipil Negara (ASN), legislator daerah ini menghendaki agar jabatan pimpinan tinggi pratama itu dipegang sosok yang benar-benar memiliki rekam jejak yang bagus dan wawasan yang luas soal kemasyarakatan. Syarat ini, bisa dipenuhi oleh PNS dari kalangan Pemkot Mojokerto.

“Ya idealnya harus putra daerah, dalam arti sekda yang terpilih dalam seleksi terbuka berasal dari lingkungan Pemkot Mojokerto, bukan PNS dari pemerintah daerah yang lain,” cetus Purnomo, Ketua DPRD Kota Mojokerto, Selasa (30/5/2017).

Dengan sekda yang selama ini mengabdi di Pemkot Mojokerto, lanjut Purnomo, tentunya akan lebih mampu menunjang visi dan misi walikota. 

“Karena sekda adalah motor pemerintahan, kalau tidak bisa menunjang visi dan misi walikota, apalagi loyalitasnya rendah, bisa dipastikan dia tidak akan membawa kemajuan daerah,” singgungnya.

Sebagai orang nomor tiga di Pemkot Mojokerto, kata Purnomo lebih jauh, sekda harus memiliki tingkat aksesbilitas yang tinggi serta kemampuan koordinasi dan lobi yang kuat. 

“Karena posisinya strategis, tentunya harus mampu menjaga sinergitas organisasi dan bekerjasama dengan Forpimda dan stake holder lainnya," ingat dia.

Politisi PDI Perjuangan tersebut meyakini, dengan sekda dari kalangan PNS Pemkot sendiri, maka akan lebih bisa mengejar ketertinggalan pembangunan daerah yang terjadi selama ini. “Harus klik lah dengan walikota,” tandasnya.

Alasan lain yang cukup mendasar, menurut Purnomo, sekda ‘lokal’ tahu skala prioritas pembangunan. "Seperti saat ini, kita memprioritaskan pembangunan di kawasan barat. Pejabat sekda yang dari putra daerah tahu mana yang dikerjakan," pungkasnya.

Seperti diketahui, Walikota Mojokerto, Mas’ud Yunus menghendaki sekda definitif sepeninggal Mas Agus Nirbito Moenasih. Pansel pun sudah dibentuk untuk membuka bursa calon sekda. Di lingkup Pemkot Mojokerto, tercatat 17 pejabat yang memenuhi syarat untuk jabatan puncak di lingkup pemerintahan daerah ini. Seluruh pejabat yang memenuhi kreteria tampaknya bakal diwajibkan mengikuti lelang secara terbuka melalui website Pemkot Mojokerto. (one)


Share this article :

0 komentar:

Berikan komentar posistif Anda.

Mohon jangan melakukan SPAM !

 
Copyright © 2012 SatuJurnal.com - All Rights Reserved